Kurikulum Taman Kanak-kanak Madrasah Pembangunan berdasarkan pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 32 Tahun 2013 tentang Standar Pendidikan Usia Dini dan Kurikulum Internal Taman Kanak-kanak Madrasah Pembangunan.
KOMPONEN | ALOKASI WAKTU | |||
---|---|---|---|---|
A. Lingkup Pengembangan | ||||
1 | Pembiasaan | 1 jam (60 menit) setara dengan | ||
Akhlak karimah | 2 jam pelajaran (@ 30 menit) | |||
Sosial emosional | ||||
Kemandirian | ||||
2 | Kemampuan Dasar | |||
a. Agama Islam | ||||
b. Bahasa | ||||
c. Kognitif | ||||
d. Fisik | ||||
A. | Muatan Lokal | 1 jam (60 menit) setara dengan | ||
Iqra | 2 jam pelajaran (@ 30 menit) | |||
Tahfidz alquran | ||||
Calistung | ||||
Bahasa Inggris-Arab | ||||
Menanam pohon dan merawatnya | ||||
A. | Pengembangan Diri | 1 jam (60 menit) setara dengan | ||
a. Pembentukan karakter melalui | 2 jam pelajaran (@ 30 menit) | |||
pembiasaan dalam kegiatan: | ||||
1) Rutin | ||||
2) Spontan | ||||
3) Terprogram | ||||
4) Keteladanan | ||||
b. Pengembangan potensi dan ekspresi diri | ||||
1) Sesuai dengan bakat dan minat | ||||
2) Kepemimpinan dan bela Negara | ||||
3) Bidang seni |
Kel | Pertemuan Pagi | Habitual Curriculum (HC) | Kegiatan Inti dan Komputer | Istirahat | akan Siang | Pertemuan Siang |
---|---|---|---|---|---|---|
A | 07.30-08.00 | 08.00-09.00 | 09.00-10.00 | 10.00-10.30 | 10.30-11.00 | 11.00-12.00 |
B | 07.30-08.00 | 08.00-09.00 | 09.00-10.00 | 10.00-10.30 | 10.30-11.00 | 11.00-12.00 |
Perkembangan dan perubahan dalam kehidupan berma-syarakat, berbangsa, dan bernegara perlu segera ditanggapi dan dipertimbangkan dalam bentuk penyusunan kurikulum baru pada setiap jenjang dan satuan pendidikan.
Madrasah Pembangunan UIN Jakarta telah menetapkan pilar keunggulan sebagai landasan berpijak dalam proses pembelajaran yang menitikberatkan pada akhlakul karimah. bahasa dan basic sains. Dengan penetapan tersebut membawa konsekuensi logis pada perubahan kurikulum. Hal ini menjadi motivasi dan spirit untuk lebih meningkatkan lagi prestasi dan reputasi lembaga ini dalam melahirkan lulusan atau output yang andal sesuai mottonya.
Perkembangan dan perubahan dalam kehidupan berma-syarakat, berbangsa, dan bernegara perlu segera ditanggapi dan dipertimbangkan dalam bentuk penyusunan kurikulum baru pada setiap jenjang dan satuan pendidikan.
Madrasah Pembangunan UIN Jakarta telah menetapkan pilar keunggulan sebagai landasan berpijak dalam proses pembelajaran yang menitikberatkan pada basic science, bahasa, dan akhlaqul karimah. Dengan penetapan tersebut membawa konsekuensi logis pada perubahan kurikulum. Hal ini menjadi motivasi dan spirit untuk lebih meningkatkan lagi prestasi dan reputasi lembaga ini dalam melahirkan lulusan atau output yang andal sesuai mottonya. Berikut ini ruang lingkup Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Madrasah Tsanawiyah (MTs) Pembangunan UIN Jakarta.
MATA PELAJARAN | ALOKASI WAKTU PERMINGGU | |||
---|---|---|---|---|
VII | VIII | IX | ||
Kelompok A | ||||
1 | Pendidikan Agama Islam | |||
a. Al-Qur’an Hadis | 2 | 2 | 2 | |
b. Akidah Akhlak | 2 | 2 | 2 | |
c. Fikih | 2 | 2 | 2 | |
d. Sejarah Kebudayaan Islam | 2 | 2 | 2 | |
2 | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran | 2* | 2* | 2* |
3 | Bahasa Indonesia | 5* | 5* | 5* |
4 | Bahasa Arab | 3 | 3 | 3 |
5 | Matematika | 5 | 5 | 6 |
6 | Ilmu Pengetahuan Alam | 5 | 5 | 6 |
7 | Ilmu Pengetahuan Sosial | 3 | 3 | 3 |
8 | Bahasa Inggris | 4 | 4 | 5 |
Kelompok B | ||||
1 | Seni Budaya | 1* | 1* | 1* |
2 | Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan | 2* | 2* | 2* |
3 | Prakarya | 1 | 1 | 1 |
4 | Pengembangan Diri & Bimbingan Konseling | 1 | 1 | 1 |
5 | Tahfidz | 2 | 2 | 1 |
6 | Kaligrafi/Khot | 1 | 1 | 1 |
Jumlah alokasi waktu per minggu | 43 | 43 | 44 |
Berdasarkan struktur dan muatan kurikulum di atas terdapat beberapa mata pelajaran yang mengalami pergeseran dan perubahan jumlah jam pelajaran atau jam tatap muka dari yang ditetapkan, antara lain :
a. Akhlaqul Karimah dan Kepribadian
Secara umum materi akhlaqul karimah dan kepribadian terintegrasi pada KBM semua mata pelajaran dan dalam kegiatan pembiasaan. Namun secara khusus materi tersebut terkait langsung pada mata pelajaran Akidah Akhlaq dan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Dengan demikian kegiatan tatap muka untuk kedua mata pelajaran tersebut mengalami penyesuaian, di mana 1 jam pelajaran digunakan untuk kegiatan tatap muka dan 1 jam pelajaran lainnya terintegrasi pada KBM tiap mata pelajaran dan bersinergi dengan kegiatan Habitual Curriculum (HC) di hari selasa dan senin, di mana masing-masing ekuivalen atau setara dengan 1 jam kegiatan tatap muka.
b. Basic Sains
Dalam rangka mencapai prestasi dan hasil belajar yang lebih baik di bidang matematika dan sains, maka jam tatap muka untuk materi basic sains diupayakan lebih banyak dari yang ditetapkan. Di samping itu guna menunjang basic sains di bidang aplikasi komputer, peserta didik kelas 7 dan 8 juga untuk pelajaran prakarya berbasis IT.
c. Bahasa
Sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam komunikasi global, maka semua mata pelajaran bahasa mengalami penambahan jam tatap muka dari yang ditetapkan, yakni bahasa Indonesia 1 jam dan bahasa Inggris 2 jam (kelas 9. Khusus kelas bilingual (kelas 7 dan 8) ditambah 2 jam tatap muka di hari kamis jam terakhir (jam ke-9 dan 10).
Perkembangan dan perubahan dalam kehidupan berma-syarakat, berbangsa, dan bernegara perlu segera ditanggapi dan dipertimbangkan dalam bentuk penyusunan kurikulum baru pada setiap jenjang dan satuan pendidikan.
Madrasah Pembangunan UIN Jakarta telah menetapkan pilar keunggulan sebagai landasan berpijak dalam proses pembelajaran yang menitikberatkan pada basic sains, bahasa, dan akhlaqul karimah. Dengan penetapan tersebut membawa konsekuensi logis pada perubahan kurikulum. Hal ini menjadi motivasi dan spirit untuk lebih meningkatkan lagi prestasi dan reputasi lembaga ini dalam melahirkan lulusan atau output yang andal sesuai mottonya.